Selasa, 29 Maret 2016

Celempung Indung





Jika Celempung renteng yang pernah saya posting di blog ini adalah celempung yang mempunyai nada, dan cara memainkannyapun dengan cara dipukul dan penempatannya di jejerkan, berbeda dengan celempung indung ini, celempung indung ini biasanya dimainkan dengan cara dipukul dengan alat pukul satu dipegang oleh tangan kanan, dan kann kiri sebagai pengatur resonansi dari suara gong celempung itu sendiri.

Celempung indung terdiri atas 3 sebitan kulit bambu yang di sabit, sabitan paling depan ialah untuk gong celempung.biasanya celempung indung ini berperan sebagai alat musik ritmis, yakni alat musik yang tidak bernada, hanya sebagai pengiring bentuk ketukan saja, konon katanya kendang sunda jaman sekarang adalah bentuk daripada aplikasian celempung indung, dahulu sebelum ada kendang sunda celempung lah yang pertama muncul sebagai alat musik tirmis untuk mengiringi alat musik tradisional sunda lainnya, diantaranya karinding, suling, toleat, dsb. Jika ingin belajar celempung indung.

Celempug indung ini juga bisa dikolaborasikan dengtan musik modern, seperti drum, perkusi, gitar, dsb. Itulah sedikit penjelasan mengenai celempung indung. Semoga bermanfaat ....

0 komentar

Posting Komentar