Selasa, 29 Maret 2016

Gitar Bambu (Bamboo Guitar)



Kreasi alat musik dari gitar ini tampak menarik. Bahan pengganti kayu yang biasa dipakai untuk menempatkan senar gitar, diganti dengan bambu.

Jadilah kemudian gitar bambu yang diberi sebutan virageawie. Alat musik ini dihasilkan oleg pengrajin dari Bandung, Jawa Barat. Peminatnya bukan hanya orang Indonesia, namun sudah melanglang ke mancanegara.
Virageawie mengandung bahan 99 persen bambu. Bahan selain bambu hanya terdapat ada finger board yang diberikan tambahan bahan dari kayu.

Sementara pada badan utama gitar dibuat dari bamboo berukuran lebih besa. Sementara mendampingi badan utama, disematkan bamboo lebih kecil di kanan-kirinya sehingga tampak cantik.
Pembuat gitar ini adalah Indonesia Bambu Community (IBC). Suara petikan gitar virageawie tidak kalah merdunya dari gitar elektrik pada umumnya. Bahkan, gitar tersebut tiga kali berturut-turut digunakan pada acara Java Jazz Festival yang dihelat tahun 2012,2013, dan 2014. Sementara peminat virageawie berasal dari dari musisi hingga kolektor.

0 komentar

Posting Komentar